Institut Kesehatan Indonesia (IKI) adalah Perguruan Tinggi Swasta milik Yayasan Nusa Bhakti Husada yang memperoleh Izin pendirian berdasarkan Surat KeputusanDirjen Dikti Kemendikbud Nomor 278/E/O/2014 tanggal 12 Agustus 2014.

IKI memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi dalam bidang Ilmu Kesehatan untuk menyongsong masa depan Indonesia Emas.

IKI mempunyai komitmen yang serius di dalam menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang berkualitas dan profesional yang selalu mengedepankan mutu pendidikan dan moral bangsa Indonesia serta mampu bersaing di Era Global dengan bimbingan tenaga-tenaga pengajar profesional dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

IKI mempersiapkan tenaga pengajar yang profesional bergelar Profesor, Doktor, Magister yang berpengalaman. Proses belajar mengajar ditunjang oleh sarana dan prasarana pendidikan yang handal dengan fasilitas kampus yang strategis dan didukung dengan alat bantu belajar mengajar serta media pembelajaran yang lengkap dan canggih. Tersedia laboratorium, perpustakaan dan manajemen pendidikan yang profesional.

IKI merupakan Perguruan Tinggi yang tanggap terhadap pelayanan kesehatan masyarakat melalui partisipasinya dalam mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dengan melakukan upaya pengembangan pendidikan dan penelitian bidang kesehatan.

Sarana dan prasarana sebagaimana diungkap di atas menjadi dasar IKI mencapai visinya sebagai pusat pengembangan karakter, moral, etika, budaya bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan program pendidikan yang berorientasi pada pengembangan integritas, intelektualitas, profesionalisme, kepekaan sosial dengan mengimplementasikannya dalam etos kerja yang tinggi.