Pertama tama saya ucapkan syukur kehadlirat Allah swt atas karunia terbitnya WEB Institut Kesehatan Indonesia (IKI) ini. Sebenarnya penerbitan WEB IKI ini merupakan kelanjutan dari penerbitan WEB sebelumnya yang dirterbitkan  bersama Web Univ Malahayati Bandar Lampung. Institut Kesehatan Indonesia adalah “sister” University dibawah naungan Pembina Yayasan Bapak Rusli Bintang.

IKI sebagai Universitas termuda di antara 4 institusi dibawah kepemimpinan dan ide cemerlang Bapak Rusli Bintang merupakan institusi yang sarat dengan tekad  lain dari pada institusi serumpun lainnya. Cita cita IKI atau Institut Kesehatan Indonesia adalah institusi pendidikan yang berbasis riset yang berangkat dari keprihatinan langka (nihilnya) hasil penelitian bidang kesehatan yang dihasilkan bangsa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan baik untuk preventive maupun kuratif.

Bangsa Indonesia yang memiliki jumlah lebih dari 250 juta penduduk tersebar dalam 16.000 pulau di Indonesia memerlukan bentuk bentuk inovasi bidang penelitian baik untuk tujuan preventive seperti alat pembersih udara dan air maupun berbagai instrument kuratif seperti obat tradisional dan berbagai alat diagnostic.

Dengan bermodalkan kampus yang berada di kawasan Kelapa Gading, IKI menghadapi kompetisi yang tidak ringan. Namun dengan dosen yang diseleksi dan memiliki IP rata rata diatas 3.70 serta Ketua Program Studi semua lulusan Strata 3 sejak 2015 maka IKI menatap masa depan dengan percaya diri. Kini IKI memiliki 6 prodi yakni Pprogram Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Gizi, Program Studi Ilmu Kesehatan Lingkungan, Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Program Studi Farmasi, dan Program Studi Psikologi siap meluluskan anak didiknya yang kini telah memasuki semester 6 dengan penuh keyakinan.

Semoga masa depan IKI sukses bersama para Pembina, civitas akademika nya, serta senantiasa mendapat berkah dari Allah swt.

Jakarta 3 Januari 2018

 

Prof. Umar Fahmi Achmadi, dr., MPH., Ph.D