Visi dari Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat adalah menjadi program studi yang bermutu dan unggul secara nasional dan internasional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme, dedikasi dan pelayanan yang dilandasi moral dan etika yang baik.

Misi  dari program studi S-1 Kesehatan Masyarakat  adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat profesional yang berwawasan enterpreunership, memiliki integritas dan kejujuran, serta mampu menjawab permasalahan kesehatan masyarakat berbasis perkotaan.
  2. Melaksanakan penelitian ilmiah di bidang Kesehatan Masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan yang mengarah kepada penemuan baru atas dasar Hak Intelektual
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang Kesehatan Masyarakat yang bermanfaat bagi pelayanan kesehatan dan bidang lainnya khususnya di Lingkungan Perkotaan (Kawasan industri dan Lingkungan Pemukiman)
  4. Membentuk civitas akademika yang mandiri, berkarakter, profesional, berdedikasi dan berwawasan Urban Health

Program Studi Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi dengan tujuan mempersiapkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berbudi pekerti luhur, berilmu dan memiliki keterampilan dan analisis yang tinggi di bidang kesehatan masyarakat dan bertaraf internasional , sehingga mampu :

  1. Memberikan arahan secara profesional kepada masyarakat berdasarkan kode etik profesi Kesehatan Masyarakat di Indonesia dengan memperhatikan aspek sosial budaya
  2. Menerapkan keterampilan di bidang kesehatan sesuai dengan disiplin ilmu Kesehatan Masyarakat untuk kesehatan masyarakat Indonesia
  3. Mampu merancang dan melaksanakan program perbaikan / peningkatan kesehatan masyarakat berdasarkan permasalahan yang ada, dengan melibatkan potensi sumber daya setempat.
  4. Mempunyai kemampuan leadership (innovator dan role model) dalam pengelolaan masalah pada individu, keluarga maupun masyarakat dengan cara yang komprehensif, holistik, berkesinambungan, terkoordinir dan bekerja sama dalam konteks pelayanan kesehatan menggunakan ilmu Kesehatan Masyarakat yang dipelajari.
  5. Mampu memanfaatkan dan menilai secara kritis perkembangan teknologi informasi yang berkaitan dengan ilmu Kesehatan Masyarakat untuk masyarakat
  6. Mawas diri dan pengembangan diri dengan belajar sepanjang hayat
  7. Mempuyai etika, moral dan profesionalisme serta jiwa enterpreunership dalam praktiknya
  8. Mengkoordinasikan dan melakukan penerapan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan lembaga-lembaga lain

Dr. Tjipto Rini, Dra., M.Kes

Nurusysyarifah Aliyyah, SKM., MKM

Dr. R. Wasis Sumartono, drg

Vebby Amellia Edwin, SKM., MKM

Umi Lutfiah, SKM., MKM