05 Mar 2018

Kuliah Umum BPJS Kesehatan

Intitut Kesehatan Indonesia mengadakan kuliah umum yang bertemakan Sosialisasi BPJS dan dilaksanakan tanggal 5 Maret 2018 di ruang Aula IKI.  Menghadirkan pembicara  Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara, Sakinah.

Sakinah mengatakan “sangat penting bagi seluruh penduduk di indonesia untuk memiliki jaminan kesehatan”. lalu ia menambahkan “ada lima hal penting yang harus diketahui masyarakat mengenai kesehatan, pertama tarif biaya kesehatan yang semakin meningkat. Kedua, perkembangan teknologi kedokteran yang semakin maju. Ketiga, sakit yang berdampak pada sosial dan ekonomi. Keempat,  pergeseran penyakit ringan ke penyakit degenerative kronis dikarenakan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kelima, pengetahuan masyarakat Indonesia yang asimetris terhadap antibiotik dosis tinggi yang diresepkan oleh dokter”.

Ia juga menjelaskan tentang landasan hukum jaminan kesehatan, sistem jaminan kesehatan yang mempunyai 3 azas, 5 program dan 9 prinsip, jenis kepesertaan hingga nominal biaya iuran yang wajib dibayarkan. ” Saya  berharap mahasiswa/i Institut Kesehatan Indonesia dapat memahami fasilitas yang diberikan pemerintah melalui program BPJS kesehatan dan dapat memahami betapa pentingnya jaminan kesehatan”, Sakinah menambahkan.

Sakinah didampingi oleh Rektor Institut Kesehatan Indonesia Prof. Umar Fahmi Achmadi, dr., MPH., Ph.D serta Wakil Rektor I Dr. Idawaty Abbas, Drg selaku moderator.

Kuliah umum ini juga menandai perkuliahan di Institut Kesehatan Indonesia resmi di mulai.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *