29 May 2017

Kreasi Tumpeng Mahasiswa Program Studi Gizi

Gizi sangat erat kaitannya dengan makanan. Salah satu kompetensi yang harus dikuasi oleh seorang ahli gizi adalah kompetensi di bidang kulinari. Kulinari merupakan kegiatan pengolahan bahan makanan atau seni memasak. Mulai dari mengolah bahan makanan mulai dari memilih, mempersiapkan (mengupas, mencuci, memotong, memberi bentuk dan bumbu, kemudian dilanjutkan dengan proses pengolahan dengan berbagai teknik dan menyajikan makanan secara menarik. Terdapat pula istilah gizi kuliner, yaitu perpaduan antara pengetahuan ilmu gizi dan ilmu bahan makanan serta seni mengolah bahan makanan yang dapat menghasilkan suatu hidangan yang lezat, sehat, bergizi, dan menarik.

Kompetensi dalam bidang gizi kuliner dipersiapkan dan dicantumkan dalam kurikulum gizi secara nasional yang telah ditetapkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI). Terdapat 2 mata kuliah yang berkaitan dengan kulinari dalam kurikulum sarjana gizi IKI, yaitu Dasar -Dasar Kuliner pada semester 4/genap yang saat ini sedang berlangsung dan Kuliner Lanjut pada semester 5/ganjil.

Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Rabu, 24 Mei 2017 bertempat di laboratorium dietetik dan kulinari IKI, telah dilaksanakan ujian praktikum mata kuliah dasar-dasar kuliner. Hidangan yang dipilih untuk dibuat saat ujian praktikum adalah “Kreasi Tumpeng”. Penanggung Jawab mata kuliah ini, Rosyanne Kushargina, S.Gz, M.Si, menyatakan bahwa ujian praktikum dilakukan untuk mengevaluasi semua materi praktikum yang pernah diberikan. Lebih lanjut beliau menjelaskan alasan dipilihnya tumpeng sebagai materi ujian praktikum. Kreasi tumpeng dipilih karena hidangan-hidangan dalam tumpeng merupakan gabungan dari semua materi yang pernah diberikan dalam praktikum mata kuliah Dasar-Dasar Kuliner. Mulai dari olahan makanan pokok, olahan pangan hewani, olahan pangan nabati, olahan sayuran, hingga garnish yang dapat mempercantik penampilan tumpeng yang dibuat.

Mahasiswa gizi saat melakukan pengolahan Tumpeng.jpg

Foto: Dok Prodi Gizi, Mahasiswa saat melakukan pengolahan Tumpeng

Tim penilai dalam ujian praktikum kali ini tidak hanya dosen program studi gizi namun juga melibatkan dosen program studi lain dan staf IKI. Terdapat 3 orang dalam tim penilai, yaitu Citra Hati Leometa, M.Psi, dosen Psikologi; Kepala perpustakaan/Dosen, Drs.Purwono, M.Hum; dan Rosyanne Kushargina, S.Gz, M.Si, selaku dosen penanggung jawab mata kuliah ini.

Salah satu juri (Citra Hati Leometa, M.Psi) saat melakukan penilaian terhadap hasil praktikum.jpg

Foto: Dok Prodi Gizi, Salah satu juri (Citra Hati Leometa, M.Psi., Psikolog) saat melakukan penilaian terhadap hasil praktikum

Hasil yang didapatkan cukup memuaskan. Saran dan kritik membangun yang diberikan oleh tim penilai diharapkan dapat diperbaiki dan diterapkan pada praktikum mata kuliah lanjutan di semester berikutnya yaitu pada mata kuliah Kulinari Lanjut .

tumpeng gabung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *