30 May 2017

Kuliah Umum Kewirausahaan Institut Kesehatan Indonesia

Tari Saman

 

Cita-cita terbesar terhadap mahasiswa/i Institut Kesehatan Indonesia (IKI) selain menjadikan mahasiswa/i menjadi generasi yang cerdas, berdaya saing dalam bidang ilmu masing-masing, juga diharapkan menjadi generasi muda yang memiliki semangat berwirausaha. Pada Hari Senin tanggal 8 Mei 2017, Institut Kesehatan Indonesia menyelenggarakan Kuliah Umum Kewirausahaan dengan tema “Peluang dan Tantangan Wirausaha Masa Kini Open Your Mind to Get the Chance be Young Entrepreneur”.

 

Sambutan Rektor IKITema kuliah umum kali ini diangkat untuk menciptakan mahasiswa IKI yang memiliki kretivitas dan jiwa wirausaha sehingga dapat memulai berwirausaha di usia muda. Acara hari ini dibuka dengan persembahan Tari Saman oleh Kelompok Seni Tari IKI. Dilanjutkan dengan Sambutan oleh Rektor IKI Prof. dr. Umar Fahmi Achmadi, MPH, Ph.D. Sampai di acara inti, Kuliah Umum Kewirausahaan ini dimoderatori oleh Ketua Program Studi Psikologi IKI sekaligus Dosen penanggung jawab Mata Kuliah Kewirausahaan yaitu Dr. Muhammad Faisal. Terselenggaranya Kuliah Umum ini pun sebagai wadah pengaplikasian Mata Kuliah Kewirausahaan yang telah didapat oleh mahasiswa IKI. Dengan narasumber pertama adalah Bapak Iim Rusyamsi, ST, beliau merupakan founder “Tangan Diatas” dan yang kedua adalah Bapak Boyke Arie Pahlevi, SE yang merupakan ketua ASPAMI. Kedua narasumber ini pun merupakan salah satu inspirator wirausahawan muda yang sukses di bidang masing-masing.

 

Moderator dan Pembicara Kuliah UmumMateri narasumber pertama pada Kuliah Umum kali ini tentang “Menumbuhkan semangat dan keberanian menjadi wirausahaan pada generasi muda”, sedangkan untuk narasumber kedua menyampaikan tentang “Sharing pengalaman kewirausahaan di bidang pest control“. Bidang pest control ini pun sangat erat kaitannya dengan Program Studi Kesehatan Lingkungan IKI.

Sebagai penyampaian penutup dari para narasumber, Bapak Iim sebagai panggilan akrabnya menyatakan bahwa melakukan wirausaha harus dimulai dengan Action, dan pemaksimalan pemanfaatan teknologi yang sudah semakin berkembang saat ini. Sedangkan menurut Bapak Boyke, wirausaha yang baik harus memperhatikan manajemen bisnis plan agar usaha yang dijalankan dapat berkembang pesat dan yang paling penting dalam berwirausaha adalah harus fokus pada bisnis yg dikerjakan, konsisten, dan berkesinambungan.

 

Kelancaran acara kali ini pun tidak terlepas dari kerja keras panitia, dengan ketua panitia adalah Sekretaris Program Studi Ilmu Gizi IKI Ibu Rosyane Kushargina, S.Gz, M.Si. Dalam acara ini ditampilkan pula contoh produk wirausaha mahasiswa dan dosen IKI. Kedepannya besar harapan dengan telah terselenggaranya acara Kuliah Umum ini akan lebih menumbuhkan jiwa dan semangat entrepreneur dalam diri mahasiswa IKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *