29 May 2017

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Gizi ke Posyandu Anggrek Putih

Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi Gizi IKI, khususnya terkait penilaian status gizi, dilakukanlah kunjungan lapangan ke Posyandu. Kunjungan dilakukan pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2017 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 16 orang beserta 1 orang Dosen Pembimbing. Kunjungan bertempat di Posyandu Anggrek Putih, Jl. Inspeksi Kali Sunter RT 4 RW 5 Kelurahan Kelapa Gading Barat.

Rombongan diterima oleh Ketua Kader Posyandu Ibu Sulastri. Turut menyambut rombongan yaitu 6 kader anggota dan 3 orang bidan yang bertugas pada hari itu. Ketua kader, ibu Sulastri menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan kunjungan lapang tersebut. “kegiatan semacam ini dapat membantu mahasiswa mengasah dan mempraktekkan teori yang sudah diterima saat kuliah” ujarnya.

02 berfoto bersama dengan kader psoyandu anggrek

Foto: Dok Prodi Gizi,bersama dengan Kader Posyandu Anggrek

Acara kunjungan diawali dengan pemaparan singkat mengenai kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa. Selanjutnya mahasiswa membantu kegiatan di posyandu, mulai dari melakukan penimbangan BB, pengukuran PB pada anak dan balita, membantu pembagian PMT untuk balita dan Ibu hamil, serta melakukan pengumpulan data konsumsi ibu balita menggunakan metode recall.

Pengarahan dari Bidan Posyandu                            Foto: Dok Prodi Gizi, Pengarahan dari Bidan Posyandu

Penyuluhan

Foto: Dok Prodi Gizi, Wawancara pada Ibu Balita                                   Foto: Dok Prodi Gizi, Melakukan Pengukuran Tinggi Badan Balita

Ketua Pogram Studi Gizi IKI, Dr. Elvina Karyadi, M.Sc, SPGK, sangat mendukung kegiatan tersebut. Beliau menyatakan bahwa kunjungan lapang ke posyandu tidak hanya untuk sekedar mempraktekkan teori yang telah didapat namun juga dapat melatih empati dan kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan.

Penyerahan bingkisan sebagai kenang kenangan untuk kader posyandu

Foto: Dok Prodi Gizi, Penyerahan Kenang-kenangan untuk Kader Posyandu Anggrek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *