21 May 2018

Social Expedition

Namanya Sahruldin, Lahir di Bandung 24 November 1997, ia adalah mahasiswa Institut Kesehatan Indonesia Program Studi Kesehatan Masyarakat. Sosok nya yang ramah serta lucu membuat ia mudah bergaul dan gampang bersosialisasi, sikap tersebut membuat nya aktif di berbagai organisasi. Sahruldin salah satu pengurus Bem IKI, pengurus LDK Thaha IKI, wakil HMKM serta menjadi Koordinator Umum Youcan Social Expedition Indonesia.

Tanggal 30 April s/d 5 Mei 2018, Sahruldin yg menjabat sebagai koordinator umum youcan social expedition indonesia  mengadakan program pengabdian masyarakat di Dusun Punti Kayan, Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di indonesia dengan tujuan untuk memfasilitasi pemuda yang berkomitmen untuk mengembangkan diri dalam pemberdayaan masyarakat dan memberikan kontribusi positif yang nyata untuk masyarakat.

Para Mahasiswa di tuntut memberikan materi pendidikan kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Dalam bidang kesehatan, Sahruldin dan panitia lainnya memberikan penyuluhan kepada anak-anak SD dan SLTA  mengenai cara mencuci tangan dengan sabun, menggosok gigi dengan benar, serta memberikan trik-trik senam sehat, lalu materi tentang DBD/Demam Berdarah kepada orang dewasa.

Selain penyuluhan panitia juga mengadakan workshop kepada warga, mengajarkan bagaimana cara melakukan pertolongan pertama jika dibutuhkan. Lalu ada pengobatan gratis dan bantuan vitamin beserta obat-obatan.

Dalam bidang lingkungan para mahasiswa mengenalkan anak-anak tentang jenis-jenis sampah dan bagaimana cara membedakan nya. Sahruldin mengatakan “materi seperti ini sangatlah berguna agar anak-anak dapat mengetahui bahaya sampah serta menjadi cinta kebersihan dan dapat menjaga kesehatan di lingkungan sekolah ataupun tempat tinggal”.

Dalam kegiatan ini, ada Program 1000 Buku. Ini adalah program pembuatan perpustakaan atau taman baca bagi anak-anak di Desa Nekan Entikong.  Taman Baca ini bertujuan agar anak-anak menjadi gemar membaca hingga dapat menambah wawasan serta menambah ilmu pengetahuan mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *